cover
Contact Name
Asep Ediana Latip
Contact Email
elemtarjurnal@uinjkt.ac.id
Phone
+6281322176081
Journal Mail Official
elemtarjurnal@uinjkt.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Gedung PPG UIN Jakarta. Jl. Raya Bojongsari No. 55, Bojongsari Baru, kec. Bojongsari, kota Depok, 16516 Jawa Barat.
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
ISSN : 2807226X     EISSN : 28072006     DOI : 10.15408/elementar
Core Subject : Education, Social,
ELEMENTAR : Jurnal Pendidikan Dasar published twice a year since 2021, is a bilingual (Indonesian and English), peer-reviewed journal, and specializes in elementary education Studies. This journal is published by Program Study Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Editors welcome scholars, researchers and practitioners of elementary education around the world to submit scholarly articles to be published through this journal. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. Each author is solely responsible for the content of published articles.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar" : 10 Documents clear
Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran Di SD Islam Al-Bayani Cikarang Utara – Bekasi Salman Al Farisi; Undang Ruslan Wahyudi
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/elementar.v3i1.30018

Abstract

Psikologi pendidikan merupakan ilmu yang meneliti masalah jiwa dan kegiatan psikologis seseorang dalam kaitannya dengan pendidikan sebagai interaksi. Pskologi pendidikan juga suatu disiplin ilmu yang dirasa penting untuk memeriksa masalah yang mengganggu atau mendukung jiwa siswa dalam proses pembelajaran disekolah, Sehingga dengan memahami keadaan mental siswa maka guru di SD Islam Al-Bayani Cikarang Utara Bekasi  dapat mengatur dan berusaha mencari solusi atas masalah tersebut, sehingga untuk hal ini, diharapkan seorang guru perlu memiliki pengetahuan yang komprehensif tentang psikologi pendidikan sehingga pembelajaran dapat berlangsung efektif dan terarah.
Evaluasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Kelas 5 SDIT AL-Haraki Depok Nasiha Syaqina Laily; Dindin Ridwanudin
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/elementar.v3i1.24278

Abstract

This study aims to determine the use of ICT in distance learning in grade 5 SDIT Al-Haraki Depok and evaluate the benefits of information and communication technology in distance learning in grade 5 SDIT Al-Haraki Depok. This research is an evaluative qualitative descriptive study with the aim of examining the use of information and communication technology in distance learning in grade 5 SDIT Al-Haraki Depok. The subjects in this study were school principals, 5th grade homeroom teachers, and 5th grade students for the 2020/2021 academic year. The results of this study indicate that the overall use of ICT in distance learning has been going well and can be maintained. However, there are several main obstacles, namely an unstable network, psychosocial conditions of parents, students and teachers who are already saturated with the distance learning process, and also the lack of variety in the use of learning applications, so that some students are still less enthusiastic in learning and this affects the learning process. student learning outcomes.
Hubungan antara Motivasi Belajar dan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas V SDN SUkabumi Selatan 07 Khairunnisa Azzahra; Fauzan Fauzan
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/elementar.v3i1.27392

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan prokrastinasi akademik siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain korelasi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket untuk variabel motivasi belajar dan prokrastinasi akademik dengan model skala likert. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu seluruh jumlah siswa di kelas V SDN Sukabumi Selatan 07 sebanyak 64 siswa. Tekik korelasi yang digunakan pada penelitian ini adalah model Rank Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara motivasi belajar dan prokrastinasi akademik dengan nilai r hitung sebesar -0,539. Kemudian, hasil koefisien determinasi pada penelitian ini yaitu sebesar 27,3%, yang berarti pengaruh yang diberika motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik sebesar 27,3%  dan sisanya 72,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
Penerapan Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Tematik Kelas III MI Pembangunan UIN Jakarta Iin Indriani; Asep Ediana Latip
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/elementar.v3i1.22093

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses penerapan manajemen kelas dalam pembelajaran tematik kelas III MI Pembangunan UIN Jakarta yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas III MI Pembangunan UIN Jakarta. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui Langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas III MI Pembangunan UIN Jakarta sudah baik dalam menerapkan manajemen kelas dalam pembelajaran tematik. Adapun kegiatan inti yang dilakukan oleh guru meliputi empat aspek utama yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan.
Studi Literatur: Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Perilaku Bullying Siti Masyithoh
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/elementar.v3i1.33781

Abstract

Bullying adalah bentuk kekerasan yang dilakukan oleh seseorang yang lebih rendah atau rentan untuk mendapatkan keuntungan. Bullying tidak hanya datang dari orang dewasa, bullying juga marak terjadi di sekolah dasar. Karakter merupakan salah satu jawaban mutlak untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik karena di dalamnya terkandung nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia dan lingkungan. Bullying sangat berkaitan dengan kecerdasan emosional. Anak dengan kecerdasan emosional yang baik akan menghindari perilaku bullying dan sebaliknya, anak yang menjadi pelaku dan korban bullying biasanya memiliki kecerdasan emosional yang buruk. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional dan perilaku bullying serta menganalisis secara teoritis hubungan keduanya dengan menggunakan metode analisis deskriptif teoritis.
Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar Dengan Metode RME Leo Waldi Barus; Rafiki Ikhsan; Siska Erika Dewi; Abdul Mujib
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/elementar.v3i1.30338

Abstract

Tujuan dari adanya penelitian ini untuk dapat mengetahui perkembangan peningkatan literasi numerasi siswa sekolah dasar dengan menggunakan metode RME dan metode ini dilakukan bertujuan ungtuk membantu memecahkan sebuah masalah serta perbaiakan sistem pembelajaran secara efektif dan efesien, pada kelas IV di  SD AL-ITTIHADIYAH dan MI NURHIDAYAH. Penelitian ini dilakukan untuk membantu guru disekolah untuk meningkatkan kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran metode RME, serta membantu mengembangkan literasi numerasi didalam kelas dan diluar kelas yang bertujuan agar siswa dapat mengembangkan keterampilannya masing-masing serta mereka dapat meningkatkan bakat mereka didalam kelas maupun diluar kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode Research, penelitian ini juga menggunakan tindakan kelas ( Action Researh). Dengan menggunakan model RME (Realistic Mathematic Education) literasi numerasi siswa didalam kelas maupun diluar kelas dapat memberikan pengaruh yang baik kepada siswa dalam mengembangkan keterampilan dan bakat siswa masing-masing. Dengan model RME dapat membantu untuk memaksimalkan literasi numerasi dalam proses belajar mengajar didalam kelas maupun diluar kelas,sehingga dapat meningkatkan proses pembelajaran literasi numerasi siswa disekolah serta siswa terbiasa dalam menggunakan media pembebelajaran saat literasi numerasi menggunakan metode RME dengan ini siswa dapat memaksimalkan proses belajar literasi numerasi dengan baik serta guru dapat terus mengembangkan dan meningkatkan selalu media pembelajaran disekolah
Pengaruh Gaya Belajar (Visual, Auditori, dan Kinestetik) terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN Pekayon 10 Anisa Kurnia; Zikri Neni Iska
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/elementar.v3i1.25858

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik) terhadap kemandirian belajar siswa kelas tinggi SDN Pekayon 10 Pagi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode regresi linier berganda. Penelitian ini dilakukan di SDN Pekayon 10 pagi dengan melibatkan kelas tinggi (kelas IV, V, dan VI) dengan sampel sebanyak 112 siswa dari 191 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan cara memberikan instrumen berupa kuesioner atau angket.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemandirian belajar, hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi yang bernilai (Sig 0,000 < 0,05) dan untuk nilai F hitung > F tabel (6,746 > 2,69). (2) Nilai koefesien determinasi pengaruh variabel gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik) terhadap kemandirian belajar sebesar 15,8%, sedangkan sisanya sebesar dipengaruhi oleh faktor lain. (3) Gaya belajar visual secara parsial berpengaruh terhadap kemandirian belajar, diketahui dari nilai (Sig 0,046 < 0,05) dan nilai T hitung > T tabel (2,015 > 1,982). (4) Gaya belajar auditori secara parsial berpengaruh terhadap kemandirian belajar, dapat diketahui dari nilai (Sig 0,008 < 0,05) dan nilai T hitung > T tabel (2,695 > 1,982). (5) Gaya belajar kinestetik secara parsial berpengaruh terhadap kemandirian belajar, dapat diketahui dari nilai (Sig 0,001 < 0,05) dan nilai hitung > T tabel (3,428 > 1,982).
Pelayanan dan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus di SD Karakter Anna Cendikia Insani Ananda Sephia Anisati; Nova Estu Harsiwi
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/elementar.v3i1.32941

Abstract

Inclusive education is an educational service system that requires children with special needs to study at nearby schools in regular classes with their friends. Children with special needs are children who need special services to be able to carry out their daily lives. When a child has a different condition from other children, he needs special treatment or services to help him.This study aims to find out what services and treatment are given to children with special needs at Anna Cendikia Insani Character Elementary School. The subjects of this study were class I homeroom teachers and students with special needs at Anna Cendikia Insani Character Elementary School.The research methods used in this research are observation, interviews, and documentation. Observations were made by directly visiting Anna Cendikia Insani Character Elementary School. Interviews were conducted with informants, namely the homeroom teacher of class I. Documentation was carried out by taking pictures at Anna Cendikia Insani Character Elementary School.The results obtained are that children with special needs at Anna Cendikia Insani Character Elementary School are served by implementing learning in the same classroom as other friends. The services provided during learning are different from other normal children. Obstacles experienced in teaching children with special needs were found, but they could be handled by existing educators.
Penerapan Quantum Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis di Kepas II Sekolah Dasar Afifatun Nurjannah; Fatkhul Arifin
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/elementar.v3i1.22297

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas II melalui penerapan Quantum Learning. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan langkah-langkah perencanaan dan pelakasanaan observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al Hikmah. Subjek penelitian adalah siswa kelas 2.1 Tahun Pelajaran 2019/2020, yang berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes tulis, dan lembar observasi yang terdiri dari lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Validasi lembar observasi ditentukan melalui Judgement Ahli. Berdasarkan hasil tes tulis, observasi guru dan siswa selama proses kegiatan belajar mengajar pada siklus I belum seluruhnya sesuai dengan langkah-langkah Quantum Learning,  dengan rata-rata presentasi 66,7% dengan kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II seluruh aktivitas pembelajaran sudah sesuai dengan langkah-langkah Quantum Learning dan menunjukkan kategori sangat baik dengan rata-rata 91,4%. Dengan hasil observasi tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Quantum Learning mampu meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa kelas II SD Islam Al Hikmah.
Penggunaan Media Interaktif sebagai Bahan Literasi Digital Era 21 untuk Pembelajaran di Sekolah Dasar Ersha Amalia Listyawan; Iin Karlina; Vania Ayushandra
Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 3, No 1 (2023): Elementar : Jurnal Pendidikan Dasar
Publisher : Faculty of Educational Sciences,Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15408/elementar.v3i1.25199

Abstract

With technology from age to age increasingly sophisticated in the needs of all of us. Technological progress is accelerating, and with digital literacy through interpainful media it is easier for students to achieve excellence and educational goals. Education in the 21st era, students are more likely to close or adapt to learning through the media because it portrays material through digital literacy with interactive media to achieve the purpose of learning. The methods used in this study use the analysis of content from various journals by describing them. With this study, researchers have excavated digital literations regarding interactive media for elementary school children. The study also brought positive values with informative, inspiring and useful value. As a result of this study, it presents interactive media as text, animation, or comics, existing media from youtube, powerpoint given by teachers or getting information from the Internet, kahoot, edmodo, Google classroom, Google meet, quiziz, e-book or something else and can be used as a digital literacy for students or readers to understand.

Page 1 of 1 | Total Record : 10